Tuesday, May 12, 2015

Dengan pembicara istimewa dari Jepang Nobuyoshi TAKASHIMA Sabtu 17 Oktober 2015


Dengan pembicara istimewa dari Jepang
Nobuyoshi TAKASHIMA
Sabtu 17 Oktober 2015

Tahun 2015 menandai 70 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua di wilayah Asia Pasifik. Pada musim gugur ini Komite Vancouver akan menyambut Nobuyoshi TAKASHIMA, guru besar emeritus dari Universitas Ryukyus, di Vancouver.

Profesor Takashima adalah mantan guru sekolah menengah di bidang ilmu sosial (geografi dan sejarah), pengarang buku teks dan dosen pendidikan di Universitas Ryukyus. Selama empat dasawarsa terakhir beliau memimpin studi wisata ke Malaysia dan Singapura untuk meneliti, mendokumentasikan dan menerbitkan bahan-bahan sejarah wilayah tersebut, khususnya tentang luka perang selama invasi Tentara Jepang dan pendudukan Jepang dari Desember 1941 sampai Agustus 1945. Beliau menerbitkan penelitian tentang pendidikan sejarah, persoalan buku teks, pertanggungjawaban perang dan kenangan akan perang, termasuk kenangan-kenangan tentang Okinawa. Waktu beliau sedang studi pascasarjana di Universitas Pendidikan Tokyo (sekarang disebut Universitas Tsukuba), beliau adalah mahasiswa Saburo IENAGA, dosen yang dikenal secara internasional karena “Perkara Hukum buku teks Ienaga”. Ini adalah perjuangan Profesor Ienaga selama tiga dasawarsa dari tahun 1960-an sampai 1990-an untuk melawan sensor pemerintah Jepang terhadap buku teks yang dikarangnya.

Dari 1993 sampai 2005 Profesor Takashima juga mengajukan perkara hukum terpisah tentang buku teks yang menggambarkan kontrol media terhadap peristiwa-peristiwa seperti kematian Kaisar Hirohito dan Perang Teluk yang pertama. Di Vancouver Profesor Takashima akan berceramah mengenai kerja samanya selama bertahun-tahun dengan bangsa Malaysia dan Singapura untuk belajar dan berbagi kenangan-kenangan tentang perang sebagai contoh pengembangan usaha-usaha perdamaian dan rekonsiliasi dari tingkat akar rumput di daerah Asia Pasifik. Kami percaya bahwa acara ini akan sangat bermakna bagi kota multikultural seperti Vancouver dengan banyaknya penduduk kota ini yang berhubungan erat dengan Asia. Kami  berharap kami akan dapat bekerja sama dan memperoleh dukungan dari perorangan dan perhimpunan yang sepakat dengan tujuan acara ini. Profesor Takashima sendiri memiliki kaitan kekeluargaan dengan Vancouver – ayahnya adalah Kepala Sekolah Jepang Steveston pertama, yang didirikan pada tahun 1911. Ini pertama kali Profesor Takashima akan berceramah keliling di Amerika Utara.